Pita 3G Jadi 10 MHz, Telkomsel Menuju 4G



Jakarta - Telkomsel menjadi satu-satunya penyelenggara 3G, dari lima operator seluler di Indonesia, yang mendapat tambahan frekuensi 5 MHz dari pemerintah, tahun ini. Dengan penambahan satu blok frekuensi tersebut, itu artinya pita 3G yang dimiliki Telkomsel akan bertambah menjadi 10 MHz.

Dirjen Postel Depkominfo, Basuki Yusuf Iskandar, mengungkapkan demikian karena hanya proposal Telkomsel yang menyetujui harga Rp 160 miliar, sesuai yang diminta pemerintah. Proposal itu pun akhirnya direkomendasikan Postel kepada Departemen Keuangan.

"Saya sudah usulkan kepada Depkeu agar Telkomsel yang mendapat tambahan frekuensi tahun ini. Begitu disetujui, frekuensi akan langsung kami berikan," jelasnya pada detikINET, Senin (16/3/2009).

Dengan memiliki pita selebar 10 MHz, Telkomsel tentunya akan lebih leluasa menyelenggarakan akses jaringan layanan mobile broadband yang dikenal dengan produk Telkomsel Flash. Pengguna layanan ini telah mencapai 260 ribu pelanggan dan ditargetkan menjadi dua juta pelanggan hingga akhir 2009.

Sebelumnya, Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno menyatakan siap memanfaatkan penambahan frekuensi tersebut untuk menggelar akses jaringan telekomunikasi generasi keempat (4G) melalui teknologi Long Term Evolution (LTE).

"Wimax akan kami jadikan backhaul untuk akses pedesaan. Sementara LTE untuk masyarakat perkotaan yang punya mobilitas tinggi," tandasnya.